Minggu , 29 Maret 2020
Home / Berita / Kegiatan Madrasah / Get Into Rugby Merambah MAN 2 Kulon Progo

Get Into Rugby Merambah MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2) – Get Into Rugby merambah MAN 2 Kulon Progo (MANDAKU) Senin 19/8). Program yang digawangi Organisasi Persatuan Rugby Union Indonesia ini bertujuan untuk menyosialisasikan olah raga rugby. Olah raga tersebut termasuk baru dan belum banyak dikenal  masyarakat.

Get Into Rugby melibatkan  4 atlet asal Jepang. Atlet tersebut bernama Moe (20 tahun), Reina (21 tahun), Marco (20 tahun)  dan Misami (20 tahun). Mereka sebagai atlet sekaligus mahasiswa asal Universitas  Rubyrouge Jepang. Kedatangannya atas nama organisasi Persatuan Rugby Union Indoneisa.  MANDAKU menjadi satu-satunya madrasah bahkan sekolah di Kulon Progo yang mendapatkan kesempatan ini.

Acara seremoni penyambutan menjadi awal rangkaian acara, dilanjutkan  dengan demo olah raga ragby.  Kepala MAN 2 Kulon Progo Anita Isdarmini,S.Pd, M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa madrasah menyambut baik kedatangan atlet rugby.”Semoga  kegiatan ini dapat memicu prestasi baru pada cabang olah raga ini,”harapnya.

Demo olah raga rugby dilakukan langsung atlet Jepang, dibantu  penerjemah dan penanggung jawab serta beberapa atlet Indonesia di Lapangan Basket Mandaku Unit 1 . Demo Permainan ini diikuti oleh 6 kelas yang terbagi menjadi 2 sesi. Dalam satu sesi terdapat pemanasan, dan permainan kecil. Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan rugby dan bermain Rugby. Adapun dalam tahap  pengenalan, siswa MANDAKU diajarkan prinsip olahrga rugby, dan mencoba teknik-tekniknya. Tahap bermain menjadi bagian yang paling ramai, seluruh siswa ikut serta dalam permainan rugby bersama atlet asal Jepang tersebut.

Rugby adalah cabang olah raga yang dimainkan oleh 2 tim. Setiap tim mencoba mencetak skor dengan cara menyepak, melontar, atau membawa bola sehingga mereka dapat menyepak untuk melepaskan gol lawan atau menyentuh di belakang garis lawan. Disisi lain tim lain bertahan dan mencegah bertambahnya skor.

Dosen UNY Fakultas Ilmu Olah Raga Abdul Mahfudin Alim sebagai pelatih rugby  sekaligus pengurus besar organisasi Rugby Union Indonesia serta penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa hal unik dari rugby yang tidak dimiliki oleh cabang olah raga lain adalah penekanan pada 5 nilai karakter yaitu integritas, semangat, kebersamaan, disiplin dan saling menghargai.”Jarang sekali pemain rugby saling bermusuhan, selain itu  cabang olah raga ini tidak terbatas pada pemain dengan kriteria tertentu, tapi bisa dimainkan oleh semua orang,”jelasnya.

“Fokus kegiatan Get Into Rugby tahun ini adalah “Women Rugby”. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, ada siswa MANDAKU yang tertarik mendalami rugby dan menjadi atlet rugby, setidaknya di tingkat kabupaten” imbuhnya. (frd/est)

         

Ini juga menarik !

VISI MISI

Visi Madrasah Aliyah Negeri 2 Wates “Mewujudkan Insan Yang Berakhlaqul Karimah, Unggul, Terampil, Inovatif, dan …

MANDAKU; Di Hari Pertama Selalu Punya Cerita

PPDB 2020

  Daftar Sekarang          

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *