Selasa , 25 Februari 2020
Home / Berita / Menumbuhkan Rasa Nasionalis dan Cinta Tanah Air, MAN 2 Kulon Progo Ikuti Apel Kehormatan

Menumbuhkan Rasa Nasionalis dan Cinta Tanah Air, MAN 2 Kulon Progo Ikuti Apel Kehormatan

Kulon Progo (MAN 2) – Siswa MAN 2 Kulon Progo (MANDAKU) mengawali HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia dengan mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci. Kegiatan dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Giri Peni Wates Sabtu (17/08). Apel dimulai tepat pukul 23.55 WIB dan berakhir pukul 24.15 WIB.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan acara tahunan digawangi oleh TNI yang , difasilitasi pemerintah daerah. Kegiatan ini melibatkan TNI, Polri, Saka Bhayangkara, pemerintah daerah, pelajar, pemuda, guru pegawai dan siswa. Sebanyak 30 siswa bersama 10 guru dan pegawai MANDAKU mendapatkan  kesempatan yang langka yaitu sebagai perwakilan kalangan pelajar untuk mengikuti kegiatan ini.

Tepat pukul 00.00  tengah malam Letnal Kolonel Infantri Dodit Susanto, sebagai inspektur upacara mewakili 43 anggota TNI dan 2 anggota POLRI sebagai pasukan inti menyampaikan  bahwa perjuangan para pahlawan merupakan perjuangan rakyat Indonesia. “Mari kita mendoakan arwah para pahlawan agar diterima Tuhan dan mendapat tempat yang pantas disisi-Nya,” tuturnya.

“Semoga siswa dapat meresapi apa yang diperjuangkan para pahlawan terdahulu. Sehingga timbulah rasa nasionalisme, rasa cinta tanah air dan bela negara sejak dini pada siswa,” imbuhnya.

Sementara itu, Rizky siswa MANDAKU yang baru pertama kali mengikuti acara mengungkapkan bahwa  Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini berbeda dengan apel yang lain. “Apel kehormatan ini terasa lebih khidmat dan lebih gereget karena dilakukan di makam pahlawan dengan waktu tengah malam. Mengikutsertaan para pelajar dalam acara ini  sangat bagus terutama untuk mengenang jasa para pahlawan,” ungkapnya.

Kegiatan diakhiri dengan  penghormatan kepada para pahlawan yang diiringi oleh bunyi genderang sangkakala yang panjang  merupakan iringan khusus untuk penghormatan kepada para pahlawan di Taman Makam Pahlawan. (frd/est)

         

Ini juga menarik !

VISI MISI

Visi Madrasah Aliyah Negeri 2 Wates “Mewujudkan Insan Yang Berakhlaqul Karimah, Unggul, Terampil, Inovatif, dan …

Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 2016-2019

         

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *