Minggu , 18 November 2018
Home / Berita / Kegiatan Madrasah / Kegiatan Apel Pagi di MAN 2 Kulon Progo Serasa Berbeda
Pemberian uang pembinaan bagi kelas-kelas tergiat dalam kepeduliannya terhadap lingkungan dan gerakan literasi Oleh Kamad MANDAKU

Kegiatan Apel Pagi di MAN 2 Kulon Progo Serasa Berbeda

Kulon Progo – Seluruh civitas akademika MAN 2 Kulon Progo melaksanakan kegiatan apel pagi setiap sebulan, setiap hari senin (15/1) membuktikan kesiapan civitas akademika pada MAN 2 Kulon Progo sebelum menjalankan tugas dan belajar mengajar.

Gambar 1 : Suasana Apel Pagi, Senin (15/1)

Apel pagi yang digelar di Kampus 1 dan Kampus 2 MANDAKU ini, apel pagi sekaligus pemberian uang pembinaan bagi kelas-kelas tergiat dalam kepeduliannya terhadap lingkungan dan gerakan literasi.

Pembina apel selalu bergantian sesuai jadwal yang telah disusun. Pada hari ini apel dipimpin oleh Kepala sekolah MAN 2 Kulon Progo Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum, Senin (25/1).

Gambar 2 : Pemberian uang pembinaan di Kampus 1 MANDAKU oleh Anita Isdarmini

Manfaat apel pagi khususnya pagi siswa dan siswi Kulon Progo sesungguhya sangatlah besar. Dengan waktu yang sangat terbatas kegiatan apel pagi ini dipakai untuk menyampaikan informasi-informasi penting terkait dengan proses belajar mengajar. Disisi lain juga sangat besar manfatatnya sebagai sarana tolak ukur kedisiplinan guru dan siswa. Hal yang paling beruntung lainnya adalah untuk mempererat silaturahmi antara sesame Guru dan siswa dan siswi di MAN 2 Kulon Progo.

Kegiatan apel dilanjutkan dengan pengumuman pemberian uang pembinaan bagi kelas-kelas tergiat dalam kepeduliannya terhadap lingkungan dan gerakan literasi. Pemberian uang pembinaan ini untuk memotivasi dan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan asri, hal ini tercermin dalam Sekolah Hijau yang terus digiatkan oleh MAN 2 Kulon Progo.

Tanggugg jawab terhadap lingkungan perlu ditanamkan kepada generasi muda selaku penerus bangsa dengan berbagai cara, termasuk lewat pendidikan disekolah dan gerakan literasi. Kepedulian terhadap  persoalan lingkungan hidup disekolah yang kini kondisinya memprihatinkan itu bisa dilakukan dengan mengajak siswa  menghijaukan lingkungan sekolah dengan giat. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan generasi yang peduli terhadap lingkungan, sekolah, rumah, dan masyarakat.

Dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa termasuk kepedulian terhadap lingkungan, MAN 2 Kulon Progo meluncurkan gerakan yang disebut Gerakan literasi. Gerakan literasi ini merupakan usaha atau kegiatan yang melibatkan elemen sekolah (siswa –siswi, guru, kepala sekolah, komite sekolah dan wali murid) dengan tujuan agar elemen yang ada sekolah khususnya siswa-siswi memiliki budaya membaca, berbicara dan menulis sebelum mati sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayatnya. (ahy)

 

MANDAKU SIAP!!!

         

Ini juga menarik !

Matsama MANDAKU 2018

Kulon Progo (MANDAKU) – Jumat, 20/7MAN 2 Kulon Progo menggelar MANDAKU EKSPO. Kegiatan tersebut dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *