Sabtu , 17 November 2018
Home / Berita / MANDAKU Turut Menyukseskan UNBK SMP/MTs
Semangat dan keceriaan tergambar dari wajah-wajah siswa MTs Darul Ulum dalam menhadapi UNBK di MANDAKU.
Semangat dan keceriaan tergambar dari wajah-wajah siswa MTs Darul Ulum dalam menhadapi UNBK di MANDAKU.

MANDAKU Turut Menyukseskan UNBK SMP/MTs

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo – MANDAKU) Mulai tahun ini SMP/MTs mulai mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Akan tetapi ada beberapa SMP/MTs di Kulon Progo belum mempunyai fasilitas yang lengkap untuk mengikuti UNBK. Untuk mengatasi masalah tersebut, MAN 2 Kulon Progo sebagai salah satu madrasah yang fasilitasnya lengkap dalam menunjang UNBK mendapat kepercayaan dari pemerintah sebagai penyelenggara UNBK SMP/MTs.

Sebanyak 70 siswa MTs Darul Ulum Muhammadiyah Kulon Progo mengikuti UNBK di lab komputer MAN 2 Kulon Progo. Mereka mengikuti UNBK di sesi kedua karena mengingat jarak tempuh antara MTs Darul Ulum dengan MAN 2 Kulon Progo cukup jauh. UNBK SMP/MTs akan berlangsung selama 4 hari, yaitu (2 4/5) dan (8/5) sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pemerintah. Mata pelajaran yang diujikan meliputi bahasa Indonesia, Matematika, bahasa Inggris, dan IPA.

Selama UNBK, MAN 2 Kulon Progo telah menyediakan dua lab komputer yang masing-masing terdiri 35 klien. Tiap lab meliputi 1 server utama dan 1 server cadangan, 35 pc klien dan dikelola oleh 1 proktor dan 1 teknisi. Adapun pengawasan selama UNBK dengan sistem silang dari guru-guru SMP/MTs di wilayah Kulon Progo.

Menurut pendamping siswa Mitayaningtyas, S.Pd. sekaligus guru bahasa Inggris MTs Darul Ulum menyatakan bahwa tahun ini MTs Darul Ulum mengikuti UNBK. Banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan sistem UNBK. Kebocoran soal dapat diminimalisasi dan siswa lebih ringan dalam belajar karena tiap hari hanya satu mepel yang diujikan dan kami juga berterimaksih kepada MAN 2 Kulon Progo yang telah membantu dalam menyukseskan UNBK SMP/Mts , ujar Mita yang juga merupakan alumni MAN 2 Kulon Progo

Menurut proktor UNBK Zuli Irawanto, S.T.selaku guru keterampilan DKV MAN 2 Kulon Progo, pelaksanaan UNBK sampai hari ketiga ini berjalan lancar. Para siswa MTs mengikuti UNBK dengan tertib dan tak ada satupun yang datang terlambat. Mudah-mudahan mendapat hasil yang baik sesuai keinginan mereka, harapnya.

Deg-degan, awal menjalani UNBK tetapi banyak kelebihan yang bisa kami rasakan. Lebih merasa percaya diri karena tidak bisa menyontek, proses pengerjaan dan menuangkan jawaban lebih praktis dan mudah, tutur Zaidan Baihaqi, siswa MTs Darul Ulum kelas IX yang juga peraih juara 1 Pidato Bahasa Indonesia AKSIOMA Tingkat Kabupaten Kulon Progo. (est/ast)

         

Ini juga menarik !

Matsama MANDAKU 2018

Kulon Progo (MANDAKU) – Jumat, 20/7MAN 2 Kulon Progo menggelar MANDAKU EKSPO. Kegiatan tersebut dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *