Sabtu , 17 November 2018
Home / Berita / MANDAKU Mensyukuri dengan Berbagi
OSIS dan siswa-siswi kwlas XII berbagi sembako dan nasi bungkus sebagai bentuk rasa syukur atas100% kelulusan dan prestasi MANDAKU.
OSIS dan siswa-siswi kwlas XII berbagi sembako dan nasi bungkus sebagai bentuk rasa syukur atas100% kelulusan dan prestasi MANDAKU.

MANDAKU Mensyukuri dengan Berbagi

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo-MANDAKU) – Hari Pendidikan Nasional tahun ini diperingati dalam suasana kelulusan kelas XII. Bertepatan dengan hardiknas (2/5), hasil UNBK diumumkan. Sementara kelas X dan XI melaksanakan upacara bendera, kelas XII telah bersiap untuk acara pengumuman kelulusan. Sedari pagi, mereka berkumpul di kompleks masjid Mahasinul Muttaqien masing-masing dengan membawa 10 nasi siap saji nasi dus atau nasi bungkus. Dengan dikoordinasi OSIS dan PKS, sekitar 2000 nasi dus dan nasi bungkus siap diberangkatkan.

Jelang pengumuman, dengan rois Drs. H. Suyasman, semua mengambil wudlu untuk melaksanakan salat dhuha seperti biasa. Dalam kesempatan itu, ditekankan pentingnya rasa syukur kepada Allah Swt atas segala nikmat yang diterima, termasuk kelulusan dalam menempuh studi. “Pengumuman kelulusan ini, babak awal perjuangan kalian di dunia yang sesungguhnya,” demikian tegas Amir Maruf, M.A. dalam sambutannya.

Kepala Madrasah, Anita Isdarmini, SPd. M.Hum. pun memberikan penegasan senada, bahwa kelulusan bukanlah segala-galanya. “Kita harus merayakan kelulusan ini dengan cara yang pas dengan karakter kita,” tutur Anita. Ia berharap siswa madrasah memberikan contoh yang baik dalam hal mensyukuri kelulusan. Mensyukuri dengan berbagi itu lebih manfaat ketimbang dengan hura-hura ataupun konvoi yang mengundang kericuhan. Kebahagiaan bertambah, bahwa tahun ini 12 siswa dinyatakan lulus SNMPTN dan 11 siswa lolos SPAN PTKIN. Anita pun berbangga dengan prestasi yang diraih, pasalnya tahun ini mendapatkan urutan ke-4 hasil UNBK (jurusan IPA) dan jurusan IPS memperoleh peringkat ke-5, di tingkat Madrasah Aliyah Negeri se-DIY.

Di saat bersamaan, hasil kelulusan diumumkan di ruang serba guna MANDAKU, kepada orang tua/wali siswa kelas XII. Wajah-wajah sumringah terpancar dari para orang tua, yang merasa lega, karena putra putri mereka dinyatakan lulus 100%. Setelah melaksanakan sujud syukur, siswa kelas XII pun melakukan long march dari kampus 1 MANDAKU Karangnongko – kompleks Pasar Wates – kompleks Stasiun – Terminal Wates. Long march yang mendapat kawalan polisi tersebut berjalan tertib. Nasi dus dan nasi bungkus yang dibagikan kepada warga pun disambut antusias, mulai dari tukang becak, tukang parkir, pedagang, dan warga lainnya. “Bersyukur dengan berbagi itu nikmat. Dengan satu nasi bungkus saja sudah bertaburan doa yang mulia dari mereka,” begitu tutur siswa terharu.

Rangkaian acara kelulusan tersebut, dilanjutkan dengan berbagi rasa syukur berupa sembako di rumah-rumah warga sekitar MAN 2 Kulon Progo dan juga beberapa panti asuhan dan pesantren yang ada di wilayah Kulon Progo, antara lain Panti Muhammadiyah Putra di Beji, Panti Muhammadiyah Putri di Kriyanan, Panti Zarotul Jannah di Sideman, Ponpes Pesawat di Giripeni, dan Panti Assidiqiyah Klepu Kokap. “Ini sekaligus dalam rangka Hari Amal Bakti MANDAKU yang ke-23, semoga apa yang kita laksanakan selama ini, mendatangkan manfaat dan keberkahan bagi semua,” demikian jelas Anita. (siw/ast)

         

Ini juga menarik !

Matsama MANDAKU 2018

Kulon Progo (MANDAKU) – Jumat, 20/7MAN 2 Kulon Progo menggelar MANDAKU EKSPO. Kegiatan tersebut dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *