Sabtu , 17 November 2018
Home / Berita / Kegiatan Madrasah / UNBK di MAN 2 Kulon Progo Ceria Tanpa Kendala
Pelaksanaan UNBK di MANDAKU berlangsung ceria lancar tanpa kendala, Senin - Kamis (10-13/4).
Pelaksanaan UNBK di MANDAKU berlangsung ceria lancar tanpa kendala, Senin - Kamis (10-13/4).

UNBK di MAN 2 Kulon Progo Ceria Tanpa Kendala

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo – MANDAKU) – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan sejak Senin (10/4) hingga (13/4) berjalan lancar. UNBK sedianya diikuti oleh 188 siswa dengan rincian 64 siswa jurusan MIPA dan 124 jurusan IPS. Terbagi menjadi tiga sesi, UNBK dilaksanakan di dua laboratorium komputer yang telah terstandar. Adapun jadwal hari pertama yaitu Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan hari terakhir untuk mata pelajaran peminatan. Tahun ini, ujian peminatan yang banyak diambil dari jurusan MIPA adalah Biologi, sedangkan jurusan IPS didominasi peminatan Sosiologi. Ujian peminatan lainnya yaitu Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Di hari pertama, madrasah mendapat kunjungan dari pejabat Kantor Kementerian Agama Kulonprogo, Drs. H. Nurudin MA beserta pejabat Kemendiknas, Drs Subardi. Keduanya mengatakan bahwa secara umum pelaksanaan UNBK di SMA/MA berjalan lancar, jika ada sedikit kendala masih bisa diatasi. Demikian pula disampaikan oleh pengawas Madrasah Aliyah (MA), Kalimah, SAg yang juga berkunjung di hari ketiga pelaksanaan UNBK.

Setiap hari, jelang pelaksanaan ujian, siswa datang lebih awal melaksanakan salat dhuha dan doa bersama, untuk peserta ujian sesi I dan II. Setelah menerima kartu ujian, mereka menunggu waktu masuk ruang ujian di ruang transit untuk menikmati menu sarapan. Tidak ada siswa yang terlambat, sebab pihak kurikulum telah mengatur jadwal agar peserta ujian berada di masjid dua jam sebelum ujian dimulai. Menyesuaikan jadwal, peserta sesi III melaksanakan salat dhuhur berjamaah dan doa bersama.

Waka Kurikulum, H Imam Muttaqien STP mengatakan bahwa semua berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. “Alhamdulillah berjalan lancar. Harapan saya, hasil UNBK tahun ini lebih maksimal dari pada tahun lalu, apalagi telah dimaksimalkan dengan program bimbingan intensif selama dua bulan di boarding school,” papar Imam. Program yang diikuti siswa tersebut memang didedikasikan guna memaksimalkan hasil ujian siswa, dibuktikan oleh keseriusannya bekerjasama dengan salah satu lembaga bimbingan belajar ternama di Yogyakarta.

Imam menambahkan, bahwa hasil UNBK akan dapat diakses tanggal 2 Mei 2017 sesuai rilis dari Kemendiknas. “Saya benar-benar berharap hasil ujian ini maksimal, agar kesempatan masuk di PTN impian bisa menjadi kenyataan” begitu tutur Imam. Ia pun mengatakan program di tahun depan, MAN 2 Kulon Progo perlu menambah lagi jumlah komputer yang digunakan untuk UNBK mengingat banyaknya calon peserta ujian. “Semoga tahun depan fasilitas sudah lebih banyak dan tidak perlu ada sesi III. Yang tak kalah penting tetap dipertahankan adanya program penyiapan UN sejak dini dan intensif di boarding school,” ujar Imam menutup perbincangan. (siw/ast)

         

Ini juga menarik !

Matsama MANDAKU 2018

Kulon Progo (MANDAKU) – Jumat, 20/7MAN 2 Kulon Progo menggelar MANDAKU EKSPO. Kegiatan tersebut dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *