Minggu , 18 November 2018
Home / Berita / LDK MANDAKU: Aktualisasi Spiritual Leadership Lewat Cinta Lingkungan Hidup
Suasana LDK penuh ceria, Sabtu (4/3).
Suasana LDK penuh ceria, Sabtu (4/3).

LDK MANDAKU: Aktualisasi Spiritual Leadership Lewat Cinta Lingkungan Hidup

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo ex MAN 2 Wates) Perjalanan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) MAN 2 Kulon Progo pada hari kedua, Sabtu (4/3) berasa makin istimewa. Diawali olah raga pagi dengan udara yang begitu segar, peserta LDK bermain di kolam dan berdayung sampan dalam suasana amat menyenangkan. Selain itu, narasumber yang dihadirkan sangat support. Materi yang dijadwalkan pun variatif dan sesuai dengan kebutuhan peserta, menyentuh dari mulai ranah spiritual leadership, keorganisasian, sharing pengalaman dari alumni, adiwiyata, hingga penyusunan program yang handal.

Menurut Kepala MAN 2 Kulon Progo Anita Isdarmini SPd Hum, bahwa pelatihan dasar kepemimpinan ini berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup maka sebagai seorang pemimpin yang baik harus mempunyai jiwa cinta terhadap lingkungan. Lingkungan yang nyaman dan kondusif akan melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Oleh karena itu, dihadirkanlah narasumber dari anggota Tim Accesor Adiwiyata Provinsi DIY Any latifah SPd MSc. Latifah menjelaskan bahwa komponen lingkungan hidup meliputi komponen abiotik, (tanah air, udara, benda mati, tambang, bineral, pasir besi), komponen biotik (tumbuhan, hewan, manusia), dan komponen budaya (cultural)dalam bentuk bangunan serta teknologi.

“Sebagai sekolah adiwiyata kita harus mampu membuat sekolah yang bersih sehat dan nyaman. Untuk menyukseskan ptogram tersebut harus ada penanganan lingkungan, penanganan air, kantin yang terhindar dari 5 P ( pengawet, penyedap, pewarna, pemanis, pengenyal) yang terbuat dari bahan sintetis, hemat energi, dan mempunyai alam hayati” jelasnya.

“Dalam menyukseskan program adiwiyata, perlu sikap generasi muda yang peduli terhadap lingkungan fisik, lingkungan sosial, dan lingkungan budaya. Sehingga akan adanya suatu pembangunan yang berkelanjutan .Pembangunan tersebut dapat dilihat dari penghematan penggunan sumber daya alam. Karena bumi bukan warisan nenek moyang tetapi pinjaman dari anak cucu kita,” imbuhnya dengan penuh semangat.

Siswa sebagai generasi muda penerus bangsa harus mempunyai sikap kepemimpinan. Sikap tersebut dapat tercermin dalam menjaga dan merawat lingkungan, memanfaat lahan sekolah sebagai sarana pembelajaran, mengembangkan ekstrakurikuler di sekolah, menciptakan kreativitas inovasi sekolah, dan mengikti kegiatan aksi lingkungan.

Seperti apa yang tertulis dalam Quran Surat Yunus ayat 101 yang artinya Katakanlah, perhatikanlah apa yang di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan Rasul-Rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman. Penyampaian yang komunikatif dari Latifah pun disambut dengan serbuan pertanyaan dari peserta LDK. Ini membuktikan bahwa para calon pemimpin bangsa ini sangat amanah dan peduli lingkungan.

Pada sesi berikutnya, H Nadhif SAg MA, juga menyampaikan bahwa sebagai seorang pemimpin harus mempunyai iman dan konsisten dengan perkataan. Jika manusia selalu berbuat salah tetapi dibiarkan oleh Allah SWT maka itu bentuk dari istiraj. Allah SWT akan menghukum manusia sesuai dengan perbuatannya. Jadi kunci sukses pemimpin yaitu harus berpegang teguh pada pendirian, hati selalu bergantung pada Allah SWT, dan berakhlak karimah. Semoga ini tercipta pada siswa-siswi MAN 2 Kulon Progo, tandasnya.

Materi dari Kasi Kesiswaan Bidang Dikmad Kanwil DIY tersebut sekaligus sebagai penutup LDK. Usai sholat Lohor dan makan siang peserta kemudian berkemas dan closing LDK. “Saya berharap dengan LDK ini bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang Islami, bertanggung jawab dalam menjalankan amanah, disiplin, lebih berani berpendapat dan mengambil keputusan, dan menjadikan MAN 2 Kulon Progo lebih baik!” Tegas Wahid Nuralfi Rohman, ketua OSIS MAN 2 Kulon Progo Periode 2016/2017. (est/ast)

         

Ini juga menarik !

PPDB MAN 2 Kulon Progo Tahun Pelajaran 2018/2019

Kulon Progo – Tahun ini, MAN 2 Kulon Progo menerima siswa baru dengan sistem boarding …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *