Minggu , 18 November 2018
Home / Berita / MANDAKU Adakan Sosialisasi UN untuk Orang Tua
Suasana sosialisasi UN bagi orang tua/wali kelas XII tampak komunikatif, Kamis (9/2).
Suasana sosialisasi UN bagi orang tua/wali kelas XII tampak komunikatif, Kamis (9/2).

MANDAKU Adakan Sosialisasi UN untuk Orang Tua

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo) “Kecerdasan atau kesuksesan tidak hanya mengandalkan otak namun juga harus ada usaha dan doa. Perlu dukungan dari orang tua/wali untuk selalu memantau putra putrinya agar tetap belajar dan mejaga kesehatan anak. Dengan adanya perhatian orangtua kepada anaknya maka anak tersebut merasa lebih tenang dan memberikan rasa percaya diri dalam mengerjakan soal ujian,” demikian tegas Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum. dalam sambutannya pada acara Sosialisasi UN untuk orangtua/ wali siswa Kamis (9/2).

Orang tua/wali siswa kelas XII sengaja selalu diundang pihak madrasah karena peran mereka sangatlah besar dalam memahami dan mendukung aktivitas siswa dalam belajar. Orang tua siswa pun tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Terbukti 200 kursi yang disediakan di ruang aula terisi penuh. Keberhasilan akan tercapai jika ada kerjasama antara siswa, orangtua dan pihak sekolah.

Siswa pun juga harus selalu berdoa kepada Allah dan mohon doa restu kepada orang tua untuk kesuksesan dan keberhasilan. Meskipun UN bukan penentu kelulusan, siswa harus banyak belajar dengan berlatih soal. Apalagi mulai akhir Februari 2017 sampai April siswa mulai mengikuti berbagai ujian sehingga perlu persiapan fisik dan mental.

MAN 2 Kulon Progo merupakan sekolah yang sejak tahun 2016 menyelenggarakan UN berbasis komputer atau UNBK. “Sebagai upaya menyukseskan UN, MAN 2 Kulon Progo mengadakan program bimbingan siswa di boarding school yang dibimbing oleh pembimbing yang profesional. Dengan program ini diharapkan belajar siswa dapat lebih intensif dan terkontrol. Jumlah siswa yang diintensifkan ini pun dibatasi dan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Hal ini dimaksudkan agar siswa tersebut bisa konsekuen sehingga nantinya akan membuahkan hasil yang sangat memuaskan,” tandas Anita.

“Rencana yang akan datang siswa keterampilan yang telah lulus akan mendapatkan ijazah dan sertifikat dari lembaga yang berkompeten sehingga anak-anak yang lulus dari MAN 2 Kulon Progo siap kerja, siap wirausaha, dan siap melanjutkan ke perguruan tinggi yang bergengsi,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama waka kurikulum Imam Muttaqien, SPT menyatakan bahwa banyak agenda ujian yang harus dihadapi siswa mulai dari UMAD, UAMBN, USBN dan UN. “Tahun ini mapel UN yang diujikan ada perbedaan dengan tahun kemarin. Hanya ada 4 mapel yaitu, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, dan satu mapel pilihan sesuai jurusan. Siswa diberi kesempatan menguasai lebih dalam untuk materi mapel pilihannya itu,” jelasnya.

Imam juga menambahkan bahwa hasil UN digunakan untuk pemetaan mutu program Satuan Pendidikan, pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya dan pertimbangan dalam pembinaan dan pemberian bantuan kepada Satuan Pendidikan.

Maka dari itu, peran orang tua sangat penting dalam mengantarkan anak dalam menggapai cita-cita guna membangun bangsa yang lebih maju mandiri dan beraklak mulia. (est/ast)

         

Ini juga menarik !

Matsama MANDAKU 2018

Kulon Progo (MANDAKU) – Jumat, 20/7MAN 2 Kulon Progo menggelar MANDAKU EKSPO. Kegiatan tersebut dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *