Sabtu , 17 November 2018
Home / Berita / Senin Gerimis Apel Romantis di MANDAKU
Gerimis tak menyurutkan antusias peserta apel; ada ungkapan perpisahan, ada pemberian penghargaan prestasi siswa, Senin (13/2).
Gerimis tak menyurutkan antusias peserta apel; ada ungkapan perpisahan, ada pemberian penghargaan prestasi siswa, Senin (13/2).

Senin Gerimis Apel Romantis di MANDAKU

Kulonprogo (MAN 2 Kulonprogo-MANDAKU) . Rinai hujan Senin pagi (13/2) mendukung emosi peserta apel untuk baper (bawa perasaan). Sangat istimewa, sebab dihadiri guru MAN 2 Kulonprogo yang telah berpindah tugas. “Seperti ritme hidup, ada perpisahan ada perjumpaan. Seorang novelis yang amat romantis dalam quotes-nya perpisahan itu pada dasarnya upacara penyambutan hadirnya kerinduan maka perpisahan ini mari kita maknai sebagai ritme hidup yang dijalani untuk makna-makna baru dalam hidup kita.” Begitu romantis ungkapan Kepala Madrasah Anita Isdarmini SPd MHum membuat semua yang hadir terpaku.

Para guru yang mutasi tersebut antara lain Drs M Jamzuri, Dra Endah Kuntari, Dra Ponijem, Eni Saryuti SAg, dan Khoiriyatun SPd MSc. Mereka adalah guru berdedikasi tinggi yang telah tertempa sedemikian lama di MAN 2 Wates. Khoiriyatun, SPd MSc bahkan tak kuasa menahan haru saat menyampaikan rasa terima kasih kepada semua elemen MAN 2 Wates, hingga sekarang ia menjabat Kepala di MAN 1 Kulonprogo. “Saya lahir dan dibesarkan di MAN 2 Wates, saya rasa kecintaan saya terhadap madrasah tidak akan ada habisnya. Pak Jam (Jamzuri) adalah salah seorang guru yang sangat berjasa ,memotivasi saya untuk melanjutkan pendidikan, hingga saya bisa seperti sekarang,” ungkapnya. Khoir, juga mengungkapkan rasa sedihnya berpisah dengan sahabat sehidup sematinya di pramuka, Siti Nur Bidanah, SPd.

Senada dengan Khoir, rekan guru yang lain pun menyampaikan salam perpisahan beserta nasihat bermakna untuk para siswa. Semua menekankan pentingnya memiliki semangat yang tinggi untuk menggapai sukses dunia dan akhirat. Kesedihan sebab ditinggal personil terbaiknya, namun menaruh harapan besar agar mereka diberi kekuatan untuk menjalankan amanah di tempat tugas yang baru. Drs M. Jamzuri, pencipta Mars MAN 2 Wates yang fenomenal dan juga Dra Ponijem, staf humas, sekarang bertugas di SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia, sementara Dra Endah Kuntari, guru senior dengan kepedulian tinggi itu sekarang bertugas di SMA N 1 Lendah. Selain Khoir, Eni Saryuti SAg juga mendapat SK di MAN 1 Kulonprogo.

Meski suasana sahdu, Anita tetap menyematkan bara semangat untuk semua peserta apel. Berlawanan dengan cuaca, Anita senantiasa bersemangat dan siap gaspol untuk kemajuan madrasah. “Untuk kelas XII, ujian sudah di depan mata. Persiapkan fisik dan stamina kalian. Namun demikian perjuangan tidak hanya sebatas bisa lulus saja, melainkan bagaimana bisa lulus dengan hasil optimal,” ujar Anita.

Anita juga menekankan kembali pentingnya partisipasi seluruh siswa dalam kegiatan ekskul yang dilaksanakan setiap akhir pekan. “Luar biasa bila kalian memanfaatkan sebaik-baiknya, sebab pengampu ekstra ini dipilihkan dari praktisi yang memang sangat profesional,” imbuhnya. Selain dijadikan pertimbangan kenaikan kelas, ekskul merupakan ajang memaksimalkan bakat dan minat, untuk mendongkrak prestasi, seperti halnya tim Padus MANDAKU yang direncanaka tampil di upacara penutupan KSM Nasional.

Kesibukan juga akan segera terasa begitu memasuki bulan Maret, sebab AKSIOMA tingkat kabupaten Kulonprogo bakal digelar di MANDAKU. Di samping itu sejumlah agenda besar diantaranya sebagai tuan rumah KSM DIY baik MI, MTs, maupun MA, menyusul agenda akreditasi perpustakaan nasional serta akreditasi adiwiyata. “Butuh energi besar dari semua pihak untuk menyukseskan berbagai agenda tersebut,” tegasnya.

Apel berlanjut dengan pemberian reward terhadap puluhan siswa berprestasi dalam berbagai bidang kejuaraan regional. Masing-masing mendapatkan reward berdasar kuantitas dan tingkat kejuaraan terhitung sejak 2015 hingga 2017 ini. Diharapkan hal ini bisa menjadi pemacu siswa lain dalam berprestasi sesuai bidangnya untuk mengharumkan nama madrasah. (siw/ast)

         

Ini juga menarik !

Matsama MANDAKU 2018

Kulon Progo (MANDAKU) – Jumat, 20/7MAN 2 Kulon Progo menggelar MANDAKU EKSPO. Kegiatan tersebut dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *