Sabtu , 17 November 2018
Home / Berita / Terima Delegasi ACDP, Kabag TU Promosikan Keunggulan Madrasah
Kabag TU Lutfi Hamid menyambut kedatangan delegasi ACDP, Selasa (17/1).
Kabag TU Lutfi Hamid menyambut kedatangan delegasi ACDP, Selasa (17/1).

Terima Delegasi ACDP, Kabag TU Promosikan Keunggulan Madrasah

Yogyakarta (Inmas) — Selasa (17/1) menjadi hari spesial bagi Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY. Pasalnya instansi yang beralamat di Jalan Sukonandi Nomor 8 Yogyakarta ini mendapat kunjungan delegasi dari Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) /Kemitraan untuk Pengembangan Kapasitas dan Analisis Pendidikan yang dimpimpin Mr. Roderig James Murray dari Australia.

ACPD diterima Kakanwil Prof Nizar yang diwakili Kabag TU Muhammad Lutfi Hamid, Kabid Pendidikan Madrasah Edhie Gunawan, dan Kasi pada Bidang Dikmad. Tampak pula sejumlah kepala MAN yang akan dijadikan lokasi pengembangan madrasah yaitu Rahmat Mizan (MAN Tempel), Mardi Santoso (MAN Kalibawang), Abdul Ghofur (MAN Sabdodadi), Ulul Ajib (MAN Godean) dan Anita Isdarmini (MAN 2 Wates).

Dihadapan delegasi, Kabag TU Lutfi Hamid menyodorkan sejulah keunggulan madrasah. “Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang berbasis agama sehingga mengajarkan nilai-nilai kejujuran, kemandirian dan kebersamaan,” tegasnya di awal sambutan. Menurut Lutfi, segmentasi madrasah memang keluarga menengah ke bawah. “Bagi para orang tua yang mempercayakan putra-putrinya di madrasah punya prinsip yang penting anak menjadi anak saleh, mandiri dan punya manfaat berguna,” imbuh.

Sementara itu ketua delegasi ACDP Mr. Rodd, sapaan akrab Roderig James Murray, mengatakan pihaknya tertarik untuk memetakan madrasah agar lebih tepat dalam mengembangkan inovasi kurikulum. “Utamanya tentang madrasah kejuruan agar ada keselarasan dengan kebutuhan industry, ungkapnya. Ada tiga aspek yang harus dicermati madrasah. Mutu, relevansi dan jumlah lulusan,” imbuh Mr. Rodd yang ternyata pensiunan tentara ini.

Sementara berdasar laman resminya, ACDP merupakan sebuah fasilitas untuk mempromosikan dialog kebijakan dan memfasilitasi reformasi kelembagaan dalam rangka mendukung prioritas strategis nasional dan meningkatkan kinerja pendidikan.

Tujuan dibentuknya ACDP adalah untuk berkontribusi pada pencapaian tujuan pendidikan jangka menengah dan jangka panjang, untuk memperkuat sistem pendidikan dan memastikan peningkatan kinerja kelembagaan yang berkelanjutan melalui pemutakhiran sistem pendidikan, melalui peningkatan kualitas pemberian layanan, serta melalui pembentukan daya saing regional dan internasional yang lebih baik. ACDP akan berkontribusi pada pencapaian dan pengawasan terhadap tujuan-tujuan dan target pendidikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dan Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama. (inmas)

         

Ini juga menarik !

PPDB MAN 2 Kulon Progo Tahun Pelajaran 2018/2019

Kulon Progo – Tahun ini, MAN 2 Kulon Progo menerima siswa baru dengan sistem boarding …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *