Sabtu , 17 November 2018
Home / Berita / Kegiatan Madrasah / Piloting Madrasah Keterampilan, MAN 2 Wates Jalin Kerja Sama dengan BLPT
Kepala BLPT Yogyakarta Drs. Sangkin, M.Pd. menemui langsung rombongan dari MAN 2 Wates, Jumat (6/1).
Kepala BLPT Yogyakarta Drs. Sangkin, M.Pd. menemui langsung rombongan dari MAN 2 Wates, Jumat (6/1).

Piloting Madrasah Keterampilan, MAN 2 Wates Jalin Kerja Sama dengan BLPT

Kulonprogo (MAN 2 Wates). Dalam rangka meningkatkan kompetensi keterampilan siswa, MAN 2 Wates menjalin kerja sama dengan BLPT (Balai Latihan Pendidikan Teknik) Yogyakarta, Jumat (6/1). Bentuk kerja sama tersebut antara lain pelatihan guru dan siswa, magang kerja, dan uji kompetensi dengan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi).
Kedatangan rombongan guru keterampilan MAN 2 Wates yang didampingi Kepala madrasah Anita Isdarmini SPd MHum, Dr Suwardi selaku Kasi kurikulum MA dari Subdid Kurikulum Kemenag Pusat serta Kasi Dikmad Kemenag Kulonprogo Dra Hj Sulasmi MA diterima langsung oleh kepala BLPT Drs Sangkin MPd. Kami siap memfasilitasi MAN 2 Wates dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan siswa, serta sertifikasi uji kompetensi sehingga lulusannya benar-benar siap kerja, ungkap Sangkin yang menyambut kerja sama tersebut dengan sangat positif. Adapun fasilitas kerja yang ditawarkan berupa pelatihan dan sertifikasi guru, pelatihan dan uji kompetensi dari LSP, dan menggunakan sarana laboratorium atau bengkel di BLPT.

Dalam kesempatan tersebut Suwardi juga mengatakan bahwa ada lima madrasah aliyah se-Indonesia yang menjadi piloting madrasah keterampilan nasional. Madrasah tersebut yaitu MAN 2 Wates, MAN 2 Kediri, MAN 13 Jakarta, MAN Samarinda, dan MAN Banjarmasin. MAN 2 Wates adalah salah satu madrasah yang cepat mengambil langkah untuk memajukan MAN Keterampilan dan oleh karena itu kemenag pusat sangat mendukung, tambahnya.
Imam Muttaqien selaku Waka Kurikulum MAN 2 Wates berharap dengan kerjasama ini lulusan program keterampilan bisa diakui dunia kerja karena sudah mempunyai sertifikat yang diakui oleh dunia usaha atau dunia industri. Sedang untuk tenaga pendidiknya lebih menguasai perkembangan teori dan praktik terbaru menyesuaikan dengan perkembangan industri dan usaha.
Terkait dengan piloting madrasah keterampilan secara nasional diharapkan nantinya akan menjadi madrasah kejuruan melengkapi lima madrasah aliyah kejuruan yang sudah ada. Menguatkan hal tersebut kamad MAN 2 Wates juga menggarisbawahi bahwa lulusan MAN 2 Wates juga dipersiapkan untuk siap kuliah dan siap kerja. (ast)

         

Ini juga menarik !

PPDB MAN 2 Kulon Progo Tahun Pelajaran 2018/2019

Kulon Progo – Tahun ini, MAN 2 Kulon Progo menerima siswa baru dengan sistem boarding …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *