Sabtu , 17 November 2018
Home / Berita / Simulasi Putaran I UNBK di MAN 2 Wates, Lebih ‘Userfriendly’
Ujian Praktikum
Ujian Praktikum

Simulasi Putaran I UNBK di MAN 2 Wates, Lebih ‘Userfriendly’

Kulonprogo (MAN 2 Wates)-Setelah melalui proses sinkronisasi yang cukup lama dan membutuhkan kesabaran yang tinggi, akhirnya Simulasi Putaran I UNBK di MAN 2 Wates, Rabu (23/11) berjalan lancar. Simulasi ini akan dilaksanakan hingga Jumat (25/11) besok.

“Alhamdulillah, simulasi putaran pertama dapat berjalan lancar berkat kerja keras dari para proktor di MAN 2 Wates yang tak mengenal lelah serta support dari teman-teman terutama kepala madrasah,” ungkap Waka Kurikulum, Imam Muttaqien, S.T.P.

Ditanya soal persiapan yang dilakukan, Zuli Irawanto, S.T. selaku proktor mengungkapkan bahwa ada penambahan unit komputer model all in one sebanyak 20 unit. “Ini menyesuaikan dengan jumlah siswa yang lebih banyak daripada tahun kemarin, 64 siswa program IPA dan 124 siswa program IPS. Persiapan yang lain yakni download filePHD sebagai aplikasi untuk ujian online. Kemudian dilanjut setting aplikasi UNBK dan melakukan konfigurasi jaringan semua pc,” jelasnya.

Tak cukup itu, sinkronisasi dengan waktu yang ditentukan oleh pusat menjadi kendala tersendiri. Sinkronisasi tidak berjalan lancar karena semua proses sinkronisasi dan penyelarasan soal dilakukan dalam waktu bersamaan sehingga jadwal simulasi UNBK yang semula pelaksanaannya akan dimulai Selasa terpaksa diundur pada Rabu tadi pagi.

“Aplikasi sekarang beda dengan tahun kemarin. Ada peningkatan kualitas aplikasinya. Lebih userfriendly. Dalam melakukan proses baik pengaktifan aplikasi UNBK maupun login siswa untuk mendapatkan soal berjalan lancar dan lebih nyaman dibanding tahun lalu. Hal ini karena sekarang kami lebih berpengalaman. Tidak ada kendala yang berarti hanya memang membutuhkan tenaga dan waktu ekstra,” pungkasnya.

Deg-degan, takut jika melakukan kesalahan, dan mata terasa perih akibat terlalu tegang dalam mengikuti simulasi agaknya menjadi pengalaman pertama bagi para peserta. Seperti yang disampaikan Puji Lestari (XII IPA3), “Lebih simpel daripada ujian tertulis. Kekhawatiran jawaban tidak terbaca komputer pun nihil. Menghemat waktu karena tak perlu menulis biodata, langsung login.” Demikian tutur remaja cantik siswa Boarding School Miftahul Ulum MAN 2 Wates yang bercita-cita ingin melanjutkan kuliah di UIN Jurusan Manajemen Dakwah. (ast)

         

Ini juga menarik !

Hari pertama masuk sekolah di MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo – Libur panjang telah berakhir. Siswa-siswi sudah kembali masuk sekolah. Namun, kegiatan belajar-mengajar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *