Sabtu , 17 November 2018
Home / Berita / MAN 2 Wates Undang PKBI Sosialiasi Kespro
Sosialisasi Kespro PKBI di M2W

MAN 2 Wates Undang PKBI Sosialiasi Kespro

Kulon Progo (MAN 2 Wates). Memasuki fase remaja memang banyak permasalahan yang terjadi. Mulai dari merokok, minum-minuman keras, hingga tawuran dan penggunaan narkoba. Pergaulan dan seks bebas bahkan sering pula kita jumpai di media massa. Hal ini tentu mengundang keprihatinan kita semua. Untuk itu agar terhindar dari berbagai permasalahan di atas, (17/9) MAN 2 Wates bekerja sama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Kulonprogo menggelar acara Sosialisasi Kespro (Kesehatan Reproduksi).

Acara digelar santai, duduk bersama di masjid Mahassinul Muttaqien dan diikuti antusias oleh 200 siswa kelas X. Bersamaan dengan itu, diselenggarakan juga acara Try Out dan AMT kelas XI dan XII di aula dan ruang kelas.

MAN 2 Wates sendiri sudah tergabung dalam 16 kelompok PIK Remaja Jalur Sekolah sejak pertengahan Juli lalu. Dra. Umijatun, selaku guru pendamping yang mengoordinir PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja) sebagai pengembangan dari KRR ( Kesehatan Reproduksi Remaja) menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang diadakan sebelumnya. PKBR sebagai wadah remaja untuk berorganisasi, mempersiapkan diri dalam memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Dalam sosialisasi Kespro tersebut, Galuh, selaku pemateri dari PKBI menyampaikan bahwa PKBR merupakan suatu program untuk memfasilitasi terwujudnya Tegar Remaja. Yaitu remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari resiko Triad KRR (Seksualitas, Napza, dan HIV/AIDS). Remaja yang mampu menunda usia pernikahan, mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera serta menjadi contoh, model, idola, dan sumber informasi bagi teman sebayanya.

“Remaja adalah generasi penerus yang diharapkan mampu membawa kemajuan dan kejayaan bangsa di kemudian hari. Para remaja tidak luput dari masalah sesuai dengan tahapan tumbuh kembangnya,” imbuhnya. Lebih lanjut Galuh menyampaikan lima transisi yang harus dilalui remaja antara lain melanjutkan sekolah (continue learning), mencari pekerjaan (start working), memulai berkeluarga (form families), menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship), dan mempraktikan hidup sehat (practise healthy life). Kelima hal tersebut harus senantiasa dikawal, agar remaja tak salah jalan dan dapat mencapai tujuan hidupnya secara maksimal.

Mila Mutiara Choirunnisa, siswa kelas X MIPA 3 mengaku antusias dengan adanya acara tersebut. “Menambah pengetahuan remaja tentang pentingnya masa remaja. Harus banyak kegiatan positif biar tidak tergoda, apalagi pergaulan bebas,” ujar Mila, dengan harapan ke depan MAN 2 Wates akan kembali mengadakan kegiatan serupa. (siw/ast)

         

Ini juga menarik !

PPDB MAN 2 Kulon Progo Tahun Pelajaran 2018/2019

Kulon Progo – Tahun ini, MAN 2 Kulon Progo menerima siswa baru dengan sistem boarding …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *