Rabu , 19 Desember 2018
Home / Guru / MAN 2 Wates Tingkatkan Kualitas Guru Madrasah dengan Workshop Kurikulum 2013
MAN 2 Wates Tingkatkan Kualitas Guru Madrasah dengan Workshop Kurikulum 2013

MAN 2 Wates Tingkatkan Kualitas Guru Madrasah dengan Workshop Kurikulum 2013

Kulonprogo (MAN 2 Wates) Sabtu (1/10) MAN 2 Wates menggelar workshop kurikulum 2013, bertempat di aula. Kegiatan ini merupakan rangkaian workshop hari kedua, setelah sebelumnya di hari pertama (27/9) menghadirkan narasumber Dra Hj Sulasmi MA Kasi Dikmad Kemenag Kulon Progo dan Dra Hj Cipto Retna N. M Ed seorang Instruktur Nasional Kurikulum 2013. Pelaksanaan workshop diikuti seluruh guru MAN 2 Wates dan diikuti guru dari berbagai madrasah yang ada di Kulonprogo.Sedang di hari kedua pelaksanaan workshop, menghadirkan pemateri seorang Instruktur Nasional Kurikulum 2013 sekaligus pengawas dari dinas pendidikan Kabupaten Bantul, Drs Suwito MPd.

Dalam pembukaan kegiatan workshop tersebut, Kepala MAN 2 Wates Anita Isdarmini S.Pd, M.Pd mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memberikan penilaian kepada siswa agar lebih objektif dan transparan sehingga siswa mengetahui rambu-rambu yang harus dilakukan untuk meningkatkan nilai. Baik nilai kognitif, afektif dan psikomotorik.

Menurut Drs Suwito M.Pd, penilaian di kurikulum 2013 sekarang ada beberapa perubahan. Perubahan tersebut antara lain tidak terdapat nomenklatur kata ULANGAN, tidak terdapat Ulangan Tengah Semester (UTS), penilaian dalam bentuk Ulangan Akhir Semester (UAS) yang selama ini adalah bagian dari tugas seorang Pendidik. Penilaian, sekarang merupakan bagian dari penilaian Satuan Pendidikan dengan nomenklatur Penilaian Akhir Semester, penilaian yang dilakukan oleh Pendidik dalam bentuk Penilaian Harian, penilaian yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan dalam bentuk Penilaian Akhir dan Ujian Sekolah/Madrasah, penilaian Akhir meliputi Penilaian Akhir Semester & Penilaian Akhir Tahun.

“Penilaian akhir tahun adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan pada akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap, laporan hasil penilaian pendidikan pada akhir semester, dan akhir tahun (RAPOR) ditetapkan dalam rapat dewan guru berdasar hasil penilaian oleh Pendidik dan hasil penilaian oleh Satuan Pendidikan, hasil penilaian sikap dilaporkan dalam bentuk predikat dan/atau deskripsi, hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan dilaporkan dalam bentuk nilai, predikat dan deskripsi pencapaian kompetensi mata pelajaran,” imbuhnya.(est/ast)

         

Ini juga menarik !

PPDB MAN 2 Kulon Progo Tahun Pelajaran 2018/2019

Kulon Progo – Tahun ini, MAN 2 Kulon Progo menerima siswa baru dengan sistem boarding …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *