Sabtu , 17 November 2018
Home / Berita / Kegiatan Madrasah / MAN 2 Wates; How Far You Know!
Keseriusan siswa kelas XII demi menjawab How Far You Know, Sabtu (17/9).

MAN 2 Wates; How Far You Know!

Kulonprogo (MAN 2 Wates). Siswa kelas XII baik MIPA maupun IPS mengikuti kegiatan Try Out hasil kerjasama MAN 2 Wates dengan PT Lembimjar Neutron Yogyakarta cabang Wates (17/9). Usai menyanyikan Indonesia Raya, Nadzom Asmaul Husna, dan Taddarus Quran tentor Neutron bersama beberapa guru pendamping, membagikan soal Try Out sesuai jurusan. Soal terdiri dari 95 soal dengan 7 mapel sesuai jurusan dan 10 soal Tes Potensi Akademik (TPA) yang harus diselesaikan di ruang kelas masing-masing dalam waktu 150 menit.
Try Out mengenalkan siswa mengenai tipe soal SBMPTN yang berbeda dari soal UAS atau pun UN, dengan tiga tipe soal. Berasa ujian sungguhan, siswa kelas XII pun antusias menjawab di LJK yang disediakan pihak Neutron. Echsana Maisaroh, salah satu siswa berprestasi dari kelas XII IPS1 mengatakan awalnya kesulitan mengerjakan soal. “Agak takut menjawab, masalahnya nilai dikurangi satu kalau menjawab salah,” tutur Echsana saat diwawancara usai kerjakan soal. Sistem penilaian berbeda, jika jawaban benar mendapat poin +4, kosong poinnya 0, dan jika salah poinnya -1.
Usai try out, pukul 10.00 WIB mereka beralih ke aula untuk mengikuti kuliah umum sekaligus pembahasan soal SBMPTN oleh Paryono, ST salah satu tentor andalan Neutron Yogyakarta cabang Wates. Tentor yang memiliki basic Sarjana Teknik Kimia tersebut memulai dengan pertanyaan How Far You Know, menggambarkan bagaimana ia sebagai anak seorang petani akhirnya dengan usaha keras, bisa sukses masuk PTN dengan jurusan bergengsi. “Arti istilah itu, seberapa jauh yang hendak kamu ketahui. Tim SBMPTN mungkin melihat nilai untuk lolos SBPTN, akan tetapi Tuhan melihat usaha kita. Tidak ada yang tidak mungkin,” begitu motivasi yang disampaikan di hadapan dua ratus lebih siswa kelas XII yang ini menjadi cambuk bagi mereka untuk meraih cita-cita.

Dua jam sesi kuliah tersebut memberikan gambaran kepada siswa kelas XII untuk benar-benar mempersiapkan diri bersaing di SBMPTN dengan strategi penalaran yang ditawarkan Neutron. Selain menawarkan program khusus siap SBMPTN, siswa juga diajak mengenali karakter Perguruan Tinggi Negeri (PTN) , passing grade jurusan, dan peluang pekerjaan selepas kuliah. Kebanyakan siswa semakin tahu, bahwa pilihan program studi tersebut memang harus sinkron, antara minat, kompetensi, dan peluang yang ada. “Pilih dan persiapkan satu mapel unggulan yang akan kalian pilih nanti,” begitu tegas Paryono.
Berakhir jelang lohor, siswa diajak untuk makin mantab menyiapkan diri selepas UN April mendatang. Pilihan PTN yang diidamkan sejak lama, terasa makin dekat, untuk berusaha lebih keras lagi. “Jadi orang sukses atau tidak, tergantung pada usaha yang dipilih masing-masing,” pungkas Paryono di akhir sesi kuliah umum. Adapun hasil try out akan diumumkan pekan depan, setelah dikoreksi di Neutron Pusat Yogyakarta. (siw/ast)

         

Ini juga menarik !

VISI MISI

Visi Madrasah Aliyah Negeri 2 Wates “Mewujudkan Insan Yang Berakhlaqul Karimah, Unggul, Terampil, Inovatif, dan …

Matsama MANDAKU 2018

Kulon Progo (MANDAKU) – Jumat, 20/7MAN 2 Kulon Progo menggelar MANDAKU EKSPO. Kegiatan tersebut dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *