Sabtu , 17 November 2018
Home / Berita / Kegiatan Madrasah / Siswa Keterampilan MAN 2 Wates KI ke Sritex dan Intrafood
Siswa keterampilan MAN 2 Wates saat mengunjungi Sritex dan Indragiri, Kamis (8/9).

Siswa Keterampilan MAN 2 Wates KI ke Sritex dan Intrafood

Kulonprogo (MAN 2 Wates) Sudah menjadi komitmen, sejalan dengan misi sebagai madrasah unggulan keterampilan, Program Keterampilan MAN 2 Wates kembali adakan kunjungan industri bagi kelas XII. Gelombang pertama, dilaksanakan kunjungan industri bagi siswa jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) dan Tata Busana (TB) Rabu (8/9). Agak berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini kunjungan dilaksanakan di PT Sritex Isman Tbk., perusahaan garmen di Solo, bagi 24 siswa TB. Sedangkan 27 siswa TPHP berkunjung ke PT Intrafood, perusahaan pembuatan minuman instant spesialis jahe.
Anita Isdarmini, S.Pd. M.Hum bersama Drs. H. Haryanta (kajur keterampilan) dan 11 guru pendamping keterampilan lainnya mengaku senang dengan penyambutan pihak perusahaan. Anita menyatakan bahwa kunjungan industri berjalan baik, selanjutnya perlu meningkatkan komunikasi semua pihak, termasuk mengajukan proposal sebulan sebelum kunjungan dilaksanakan. “Kedepan, Sritex siap melaksanakan kerjasama, meski MoU yang kita lakukan baru lisan,” kata Anita. Demikian pula yang terjadi di PT Intrafood. Sebagai perusahaan berskala besar, mereka benar-benar welcome dengan kedatangan kafilah MAN 2 Wates.
Senada dengan Anita, Amir Maruf, M.A. juga menyatakan tidak sia-sia berkunjung ke Sritex, sebagai salah satu perusahaan garmen yang dipercaya instansi luar negeri seperti instansi Militer AS. Hebatnya lagi, karyawan di Sritex benar-benar dididik untuk memiliki kinerja tinggi dan juga kekompakan, terlihat dari satu unit produksi semangat meneriakkan yel-yel masing-masing. Secara organisasi, karyawan pun mendapat kesempatan untuk berorganisasi dan melaksanakan peringatan hari besar nasional. “Tak sia-sia, kunjungan ini berlanjut dengan akan adanya MoU, salah satunya mempermudah akses siswa MAN 2 Wates untuk menjadi karyawan di sana,” ungkap Amir.
Sementara dari kunjungan industri siswa TPHP, Umi Hidayati, S.Pd. selaku Staf Waka Kurikulum sekaligus guru pengampu Keterampilan TPHP menyatakan bahwa kunjungan industri kali ini berjalan dengan baik, meski sempat ada pergeseran waktu pelaksanaan yang direncanakan sebelumnya. “Kunjungan ini agar siswa dapat melihat pengelolaan usaha secara langsung di lapangan. Dengan demikian siswa dapat lebih memahami dunia wirausaha, sehingga mereka mempunyai gambaran nyata ketika lulus dari MAN 2 Wates. Artinya, mereka siap berwirausaha,” begitu papar Umi.
Apa yang dipelajari di MAN 2 Wates masih terbatas, sehingga kunjungan industri tersebut benar-benar bermakna. Salah satunya siswa dapat melihat destilasi (penyulingan) dari jahe menjadi minyak atsiri. “Di PT Intrafood, siswa benar-benar bisa melihat proses pengolahan, pengepakan, gudang, hingga pengolahan limbah dari produk Intrafood yang berciri khas jahe. Selama ini siswa sudah belajar bagaimana membuat jahe instan, dengan kunjungan ini, siswa memperoleh pengalaman baru menciptakan produk menarik dengan proses pemberian rasa dan packing yang menarik. Tak kalah penting, kita juga bisa belajar bagaimana mengelola limbah sehingga produksi tetap ramah lingkungan,” pungkas Umi di akhir wawancara eksklusif kami, berikut mengantongi oleh-oleh susu jahe instan dari PT Intrafood. (siw/ast)

         

Kulonprogo (MAN 2 Wates) Sudah menjadi komitmen, sejalan dengan misi sebagai madrasah unggulan keterampilan, Program Keterampilan MAN 2 Wates kembali adakan kunjungan industri bagi kelas XII. Gelombang pertama, dilaksanakan kunjungan industri bagi siswa jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) dan Tata Busana (TB) Rabu (8/9). Agak berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini kunjungan dilaksanakan di PT Sritex Isman Tbk., perusahaan garmen di Solo, bagi 24 siswa TB. Sedangkan 27 siswa TPHP berkunjung ke PT Intrafood, perusahaan pembuatan minuman instant spesialis jahe. Anita Isdarmini, S.Pd. M.Hum bersama Drs. H. Haryanta (kajur keterampilan) dan 11 guru pendamping keterampilan lainnya mengaku senang dengan…

User Rating: Be the first one !

Ini juga menarik !

Mantapkan Langkah Menuju 2018 Gemilang

Kulon Progo – MAN 2 Kulon Progo sebagai Madrasah Aliyah plus keterampilan perlu meng Upgrade …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *