Minggu , 18 November 2018
Home / Artikel / Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Tanggal 10-11 September 2016

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Tanggal 10-11 September 2016

Bacaan niat puasa tarwiyah, bacaan niat puasa arafah, niat puasa tarwiyah, niat puasa arafah, lafadz niat puasa tarwiyah dan arafah, lafadz niat puasa tarwiyah, lafadz niat puasa arafah

Kemarin, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia telah melakukan sidang isbat guna menentukan awal bulan Dzulhijah 1437 H. Berdasarkan penghitungan hisab, posisi hilal tanggal 1 September 2016 masih di bawah ufuk. Tepatnya berada pada kisaran antara minus satu derajat 13 menit 29 detik sampai 0 derajat lima menit 58 detik.

“Itu artinya tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Sabtu tanggal 3 September 2016,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kemenag, Kamis (1/9/2016).

Oleh karena Pemerintah menentukan tanggal 1 Dzulhijah jatuh pada hari sabtu, 3 September 2016. Maka, Hari Raya Idul Adha atau tanggal 10 Zulhijah 1437 Hijriah jatuh pada hari Senin, 12 September 2016. Bulan Dzulhijah tak hanya terdapat Hari Raya Idul Adha, tetapi juga ada 2 hari yang mempunyai keutamaan di dalamnya yaitu Hari Tarwiyah dan Hari Arafah.

Hari Tarwiyah jatuh pada tanggal 8 Dzulhijah sedangkan hari arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijah. Pada kedua hari tersebut, umat islam disunnahkan untuk ber puasa tarwiyah dan arafah. Untuk tahun 2016 ini, Puasa Tarwiyah jatuh pada tanggal 10 September 2016 sedangkan Puasa Arafah jatuh pada tanggal 11 September 2016.

Puasa Tarwiyah dan Arafah memiliki beberapa keutamaan. Keutamaan puasa Arafah ini seperti diriwayatkan dari Abu Qatadah Rahimahullah. Rasulullah SAW bersabda:

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas. (HR. Muslim)

 

Sementara puasa Tarwiyah dilaksanakan pada hari Tarwiyah yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Ini didasarkan pada satu redaksi hadits yang artinya bahwa Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun.

 

Inilah Keutamaan Berqurban yang Wajib Anda Ketahui

Puasa Tarwiyah dan Arafah sangat dianjurkan untuk turut merasakan nikmat yang sedang dirasakan oleh para jemaah haji sedang menjalankan ibadah di tanah suci. Hari-hari pada sepersepuluh bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang istimewa. Abnu Abbas r.a meriwayatkan Rasulullah s.a.w bersabda:

ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء

Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya : Ya Rasulullah! walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya (menjadi syahid). (HR Bukhari)

 

Nah, bagi anda yang lupa atau belum tahu tentang niat puasa tarwiyah dan arafah, di bawah ini kami informasikan tentang doa / niat puasa tarwiyah dan arafah lengkap dengan tulisan arab, tulisan latin dan artinya.

Lafadz Niat Puasa Tarwiyah

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

Bahasa Latin: Nawaitu shauma tarwiyah, sunnatal lillahi ta’ala

Terjemahan: “Saya niat puasa tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala”

 

Lafadz Niat Puasa Arafah

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

Bahasa Latin: Nawaitu shauma arafah, sunnatal lillahi ta’ala

Terjemahan: “Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’ala”

Demikian artikel tentang Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah. Semoga kami, anda dan kita semua dapat mengambil berkah pada kedua hari tersebut dengan semakin memperbanyak amal ibadah kita kepada Allah SWT. Terima kasih, semoga bermanfaat.

http://www.viaberita.com/12538/bacaan-niat-puasa-tarwiyah-dan-arafah-tanggal-10-11-september-2016/

         

Ini juga menarik !

PPDB MAN 2 Kulon Progo Tahun Pelajaran 2018/2019

Kulon Progo – Tahun ini, MAN 2 Kulon Progo menerima siswa baru dengan sistem boarding …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *