Sabtu , 17 November 2018
Home / Sambutan Kepala Madrasah / MAN 2 WATES SIAP

MAN 2 WATES SIAP

Anita Isdarmini, S.Pd. M.Hum. kepala MAN 2 Wates
Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum. Kepala MAN 2 KULON PROGO
Assalamu ‘alaikum Warohmatullahi wabarokatuh. Saudara – saudara yang kami hormati…… Puji dan syukur kita kepada Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidyah-Nya yang tak terkira. Shalawat serta salam mudah-mudahan ditetapkan kepada junjungan nabiullah Muhamad Saw yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir, juga kepada para sahabat khulaufaurasidin, keluarga beliau, sahabat beliau, tabiin – tabiin hingga umat Islam semua termasuk kita……. Insya Allah. Dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 pasal 18 telah dengan tegas disebutkan bahwa Madrasah Aliyah ( MA )  merupakan jenjang pendidikan menengah setara SMA yang berciri khas Islam – ada tambahan penguatan keagamaan Islam – dibawah Kementerian Agama ( Kemenag ). Berkaitan dengan hal tersebut maka kurikulum MA sama dengan SMA dengan ditambah kurikulum khusus yang mengembangkan pendidikan keagamaan dari Kemenag. MA dapat pula disebut sebagai SMA Plus ( plus penguatan keagamaan ). Bahkan MA juga mengembangkan materi olimpiade. Berdasarkan konsep tersebut maka output MA adalah calon mahasiswa. Namun kami, MAN 2 Wates, menyadari bahwa hingga saat ini alumni MAN 2 Wates belum semua dapat melanjutkan pada jenjang perguruan tinggi, hal ini terjadi karena faktor ekonomi. Oleh karenanya MAN 2 Wates  juga mengembangkan metari keterampilan, hal ini dilakukan guna memfasilitasi peserta didik yang akan masuk dunia kerja atau ingin masuk dunia Interpreneur.

Saudara – saudara bisa membayangkan begitu sempurnanya konsep yang dikembangkan di MAN 2 Wates hingga dapat mengakomodasi semua kalangan. Bagi peserta didik yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi akan diakomodasi dengan baik karena kurikulum materi pelajaran umumnya sama dengan SMA sedang yang mau masuk dunia kerja atau ingin menjadi interpreneur juga terfasilitasi karena ada 4 program keterampilan pilihan yang dikembangkan, sehingga mereka tidak perlu kursus keterampilan lagi setelah lulus dari MAN 2 Wates. 4 program keterampilan yang dikembangkan di MAN 2 Wates antara lain, TPHP (Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian) Teknologi Tata Busana Teknologi Elektronika Teknologi Informasi dan Komunikasi Masing – masing program keterampilan tersebut disampaikan dalam 12 jam/minggu selama 2 tahun dengan komposisi 70 % praktek dan 30 % teori.

Kalau boleh dianalogikan dengan sebuah bus, MAN 2 Wates  ini dalah bus umum yang dapat menurunkan penumpangnya sesuai dengan tujuannya masing – masing. Walaupun bus ini jurusan Jogjakarta – Jakarta tidak semua penumpangnya di turunkan di Jakarta ( calon mahasiswa ). Namun bagi yang ingin turun di Cirebon maka akan diturunkan di Cirebon ( masuk dunia kerja). Sebab kalau diturunkan semua di Jakarta ( menjadi calon mahasiswa ) sementara ada yang tujuannya ke-Cirebon maka mereka harus keluar biaya lagi untuk kembali ke-Cirebon ( untuk kursus keterampilan dalam menghadapi dunia kerja ) Selain yang telah disebutkan di atas MAN 2 Wates juga melaksanakan Hidden Kurikulum yang merupakan tindak lanjut dari kurikulum baku dari kemenag tersebut, diantaranya : Melaksanakan praktik ibadah misalnya : Pembiasaan Bpk/Ibu Guru Pegawai setiap pagi menyambut kedatangan siswa dengan bersalaman di depan pintu gerbang MAN 2 Wates Mengembangkan 5S untuk semua warga MAN 2 Wates. Membaca Nadzom Asmaul Husna setiap pagi bagi segenap Civitas Akademika MAN 2 Wates, yang kemudian dilanjutkan tadarus bersama. Sholat Dhuha, Dzuhur dan Asar berjamaah Setiap sehabis sholat Dzuhur ada kultum yang disampaikan oleh siswa Melaksanakan matrikulasi keagamaan bagi peserta didik baru yang belum sesuai standard BTAQ-nya Melaksanakan dan mentasyarufkan , Infaq, Shodaqoh dan Zakat Melaksanakan Qurban pada saat ‘Idul Adha dll. 4. Dengan didukung fasilitas yang memadai ( gedung megah dan peralatan yang lengkap ) juga terpasang CCTV di area MAN 2 Wates hal ini guna membiasakan peserta didik berperilaku yang baik.

Peserta didik MAN 2 Wates selain multi latar belakang keluarganya, suku dan  juga multi talent, sehingga MAN 2 Wates juga mengembangkan berbagai macam program ektrakurikuler. Hal ini dilakukan untuk menjadi pemantik talent perserta didik tersebut. Jenis ekstra kurikuler yang ada di MAN 2 Wates adalah sbb: Olimpiade Mapel Pramuka Bola Volley Bola Basket Bulu tangkis Tenis meja KIR Jurnalistik Qiro’ah Khitobah Musik Islami Teater Paduan Suara Wassalamu ‘alaikum Warohmatullahi wabarokatuh.

         

Ini juga menarik !

VISI MISI

Visi Madrasah Aliyah Negeri 2 Wates “Mewujudkan Insan Yang Berakhlaqul Karimah, Unggul, Terampil, Inovatif, dan …

Karnaval MANDAKU Dikemas Berbeda dan Istimewa, Raih Juara

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo – MANDAKU) . Perayaan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI ini, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *